SPAM Kamijoro Mendukung Pembangunan Kawasan Selatan dan Aerotropolis

Kulon Progo, Lendah (06/04/2024). Dalam rangka mendukung Pembangunan Kawasan Selatan dan Kawasan Aerotropolis tumbuh dan berjalan dengan cepat, Pemerintah harus siap menyediakan pelayanan dasar, termasuk air bersih/air minum. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka Pemerintah Kabupaten Kulon Progo akan membangun Sistem Penyediaan Air Minum “SPAM Kamijoro”.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kulon Progo (Ir. Muh Aris Nugraha, M.MA), pembangunan sarana prasarana untuk mendirikan SPAM Kamijoro sudah siap untuk dilaksanakan sehingga saat ini sudah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui perwakilan tokoh-tokoh masyarakat. Untuk Kapanewon Lendah sosialisasi dilaksanakan Rabu (3/04/2024 bertempat di Kalurahan Gulurejo dan Kamis (4/04/2024) bertempat di Kalurahan Jatirejo.

Pembangunan SPAM Kamijoro diharapkan akan sangat membantu Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam menyediakan air bersih untuk kebutuhan di Kawasan Industri Sentolo, Kawasan Selatan dan Kawasan Aerotropolis Bandara Internasional Yogyakarta.

SPAM Kamijoro akan dibangun dalam area seluas 1,1 Ha berlokaasi di Wonobroto  Tuksono Sentolo. Pembangunan tahap pertama dianggarkan dana sebesar 230 M dengan kapasitas debit tahap pertama SPAM Kamijoro mencapai 150 liter per detik. Adapun saluran pipa yang akan dibangun sepanjang 22 km. Masa pekerjaan sudah dimulai saat ini namun karena H-7 dan H+7 tidak menggunakan alat berat maka kegiatan akan dilaksanakan setelah H+7 dan akan berakhir pada Desember 2024.

Kepala Bappeda Kulon Progo berharap bantuan dan kerjasama semua pihak untuk mensukseskan pembangunan dan juga masyarakat dapat ikut menikmati hasil pembangunan tersebut.

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kulon Progo (Jumantoro) berharap kepada rekanan (PT Adhi Karya) dalam melaksanakan pembangunan sesuai spesifikasi dan meminta masyarakat untuk ikut mengawasi dan memberi masukan agar pekerjaan dapat berjalan sesuai renjcana dan masyarakat tidak ada yang dirugikan. Dari Pimpinan PDAM berharap masyarakat jika ada permasalahan di Masyarakat dapat mengajukan permasalahan yang muncul melalui Pemerintah Kalurahan, Kapanewon atau langsung ke PDAM Kulon Progo dan berharap tidak melalui pihak lain agar tidak dimanfaatkan untuk kepentingan lain yang tidak bertanggungjawab.

(Sumber berita : Adm)