RAPAT KOORDINASI TINGKAT KAPANEWON

KULON PROGO, LENDAH (12/10/2020). Panewu Lendah menyelenggarakan rapat koordinasi tingkat kapanewon. Rapat koordinasi dihadiri oleh Kapolsek Lendah, perwakilan dari Koramil Lendah, KUA, kalurahan, koordinator Kepala Sekolah dan Kepala sekolah (SMP, SMK, SMA) se Kapanewon Lendah, koordinator PKB, koordinator PKH, koordinator TKSK dan pendamping desa

Panewu Lendah meyampaikan terkait perkembangan covid 19 belum juga mereda, penyelenggaraan hajatan dalam masyarakat sangat sulit dikendalikan, karena itu perlu membentuk kesepakatan bersama untuk mengatur penyelenggaran hajatan agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Kesepakatan bersama tersebut akan ditandatangani oleh Panewu Lendah, Danramil Lendah, Kapolsek Lendah, Kepala Puskesmas Lendah I, Kepala Puskesmas Lendah II dan lurah se Kapanewon Lendah terkait penerapan protokol kesehatan dalam acara hajatan dan sejenisnya.

Dalam kesepakatan tersebut diatur terkait penyelenggaran hajatan dan sejenisnya atau yang dapat mengumpulkan masa terkait penggunaan dan penyediaan masker, tempat cuci tangan, pengukuran suhu badan dan penerapan jaga jarak , makanan dan snack dihidangkan dengan dos, jumlah tamu dibatasi 30% dari kapasitas ruangan, tidak saling bersalaman atau kontak fisik lainnya, sementara meniadakan hiburan dan mempersingkat acara dengan tidak mengurangi substansi hajatan.

Panewu Lendah juga menyampaikan terkait surat edaran dari Bupati Kulon Progo tentang pengibaran bendera dan umbul-umbul mulai tanggal 1 Oktober s/d 31 Oktober 2020 serta masyarakat harus melaksanakan kebersihan mayarakat dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Kulon Progo yang ke 69.Dalam memperingati hari jadi Kabupaten Kulon Progo tidak menyelenggarakan upacara, tirakatan tetapi menyelenggarakan acara donor darah. Kapanewon Lendah akan menyelenggarakan acara donor darah pada tanggal 28 Oktober 2020 dan disampaikan juga terkait penghargaan yang di raih oleh Unit Pengelolaan Zakat (UPZ) Kapanewon lendah dari BAZNAS dalam kategori pengumpul zakat terbanyak dan tertib administrasi tingkat kapanewon se Kabupaten Kulon Progo.

Dalam pelaksanaan edukasi kepada masyarakat dilaksanakan safari jum’at terkait penerapan protokol kesehatan dan penyaluran bantuan ke masjid dan 5 orang jamaah untuk setiap masjid yang akan dilaksanakan sampai akhir Bulan Desember 2020 serta himbauan untuk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan sampai dengan akhir Bulan Oktober karena di awal Bulan November denda keterlambatan pajak menjadi 4%.

Dari Polsek disampaikan oleh Kapolsek Lendah terkait penyelenggaraan acara hajatan harus meminta ijin namun sampai saat ini dari Mabes Polri sampai dengan Polsek belum mengeluarkan ijin dan dari Puskesmas Lendah 1 menyampaikan informasi terkait penyelenggaraan kelas ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) yang diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kesembuhan dan permohonan dukungan kepada pemerintah desa untuk memberikan dukungan terkait anggaran yang digunakan dalam penanganan ODGJ antara lain biaya untuk merujuk pasien ke rumah sakit jiwa.