KWT BANGUN MEWAKILI KAPANEWON LENDAH DALAM RANGKA LOMBA GeMPar TINGKAT KABUPATEN KULON PROGO

KULON PROGO, LENDAH (07/10/2020). Kelompok Tani Wanita Bangun, Sidorejo, Lendah mewakili Kapanewon Lendah mengikuti lomba GeMPar di tingkat Kabupaten berdasarkan pelaksanaan lomba GeMPar tingkat Kapanewon Lendah pada tanggal 28 s/d 30 Oktober 2020 KWT Bangun meraih peringkat pertama. Yang hadir dalam acara ini adala tim juri lomba GeMPar dan hatinya PKK, Dinas Pertanian, TP PKK Kab dan instansi di tingkat kabupaten, Panewu, Polsek, koramil, TP PKK Kapanewon Lendah dan Lurah Sidorejo.

Sambutan dari Kepala Bidang Penyuluhan dan Pangan Dinas Pertanian kabupaten Kulon Progo Ir Trenggono menyampaikan bahwa dengan kegiatan GeMPar dapat merubah pekarangan SIP (Singup Iyub Peteng)  menjadi SIP (Sehat Indah Produktif). Kemudian juga disampaikan kebun bibit KWT kedepan bisa dijadikan tempat studi para siswa Beliau juga bangga atas kegiatan yang dilakukan oleh KWT mensuplai e-warung dalam pelaksanaan penyaluran  bantuan sosial untuk KPM (Keluarga Penerima Manfaat).dan untuk kedepannya kegiatan ditambah dengan peternakan karena tahun depan kebutuhan e-warung juga akan meningkat dengan penyediaan telur

https://youtu.be/sCGcLy_xWX8

Panewu Lendah dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan KWT Bangun memang benar adannya bukan sulapan dan yang menjadi andalan dari KWT Bangun adalah demplot tanaman, kebun buah, ternak kelinci dan budidaya tawon lanceng. Dalam acara ini ketua KWT juga menyampaikan bahwa KWT berdiri sejak tahun 2017,hasil dari KWT dapat menyediakan kebutuhan pangan keluarga dan selebihnya dijual. Penggunaan pupuk untuk tanaman dengan menggunakan pupuk organik hasil produksi sendari yang terbuat dari urin kelinci. Hasil dari KWT ada yang dijual segar antara lain sayuran dan buah-buahan ataupun dalam bentuk olahan makanan seperti mates, makanan olahan, telur asin, minuman rempah bawang dayak, jasekang dan lain-lain.

Lurah Sidorejo menyampaikan sambutan dalam pelepasan tim yuri menyampaikan terkait pengembangan kegiatan pengembangan kegiatan KWT Bangun dapat diberikan bantuan ternak ayam jawa super. Pelaksanaan lomba sesuai dengan protokol kesehatan. (Nur Ari Wibowo, SIP,MM)