MENJAGA IMUNITAS TUBUH DENGAN MELAKSANAKAN KEGIATAN LANSIA DIMASA PANDEMI

KULON PROGO, LENDAH (05/10/2020). Kegiatan lansia ditengah pandemi tetap dilaksanakan oleh komite lansia Kapanewon Lendah. Hal ini diharapkan dapat menjaga imunitas tubuh para lansia. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain senam lansia, penimbangan berat badan dan tensi, pembinaan rohani atau pengajian, penyuluhan kesehatan, arisan dan laporan keuangan serta musyawarah terkait kegiatan lansia kedepannya.

Kegiatan senam lansia tidak dilaksanakan karena kondisi cuaca yang tidak mendukung.Untuk kegiatan pengajian atau pembinaan rohani disampaikan oleh Bapak Fauzan,  S.Pd.i dari Kantor Urusan Agama Kapanewon Lendah. Isi dari tausiyah antara lain terkait golongan orang- orang yang akan mendapatkan naungan Allah SWT yaitu pemimpin yang adil, pemuda yang tumbuh dalam ibadah kepada Allah Ta’ala, seseorang yang hatinya selalu bergantung dimasjid, dua orang yang saling mencintai karena Allah Ta’ala, seseorang yang diajak wanita yang memiliki kedudukan terhormatan, kecantikan untuk berbuat tidak baik lantas ia mengatakan “Sungguh Aku Takut Pada Allah”, seseorang yang bersedekah dan dia sembunyikan serta seseorang yang mengingat allah dalam keadaan sendirian sehingga kedua matanya berlinang air mata.

Sedangkan terkait penyuluhan kesehatan disampaikan oleh ibu ambaryani, A.Md dari Puskesmas Lendah 2. Dalam penyuluhan disampaikan terkait mitos atau kepercayaan masyarakat sejak dari zaman dahulu tentang hal yang berhubungan dengan ibu hamil, melahirkan, nifas dan menyusui dan kebiasaan yang tidak sesuai dengan ilmu kesehatan bahkan bertentangan agar dihilangkan atau tidak dilaksanakan lagi. Pelaksanaan kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan antar lain mencuci tangan sebelum mengikuti kegiatan, cek suhu badan dan pemakaian masker.