MONITORING PENYALURAN BANTUAN PANGAN NON TUNAI DI e-WARONG GEGUNUNG DAN WAHYUHARJO

KULON PROGO, LENDAH (11/05). Monitoring  Penyaluran Bantuan  Pangan Non Tunai (BPNT) dilaksanakan di  e-Warong Gegunung, Jatirejo, Lendah dan di e-Warong Wahyuharjo Kapanewon, Lendah. Kegiatan monitoring ini dilaksanakan oleh Jawatan Sosial di Kapanewon Lendah. Tujuan dari BPNT antara lain untuk mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan, memberikan bahan pangan dengan gizi seimbang, tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat kualitas, tepat harga dan tepat administrasi serta memberikan lebih banyak pilihan dan kendali kepada KPM dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Mekanisme penyaluran BPNT dilakukan melalui registrasi dan/ atau pembukuan rekening, edukasi dan sosialisasi, penyaluran serta pembelian barang. Bantuan kebutuhan  sosial berupa kebutuhan bahan pangan seperti beras, sayuran dan lauk. Di e-Warong Gegunung menyaluran bantuan pangan kepada 110 Keluarga Penerima Manfaat (KPM)  dan baru terlayani sejumlah 92 KPM  sedangkan di e-Warong Wahyuharjo sejumlah 100 KPM dan baru terlayani sejumlah 71 KPM.

Pelaksanaan penyaluran Bantuan berjalan dengan lancar, tertib dan aman dan dalam pelaksanaannya tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19 antara lain menggunakan masker, cuci tangan dengan air mengalir dan mengecek suhu badan. (TW)