Mangga Mahatir, Mangga Jumbo Berbuah di Lendah

LENDAH KULON PROGO, 26/12/2019. Mangga Mahatir merupakan jenis mangga yang berukuran jumbo/besar, bobot buah dapat mencapai rata-rata 3 kg/buah. Meski berasal dari Malaysia, Mangga Mahatir sudah tersebar di seluruh dunia termasuk di Kecamatan Lendah. 

Adalah Pak Samidi, pemulia buah-buahan yang beralamat di Pedukuhan Mendiro Desa Gulurejo Kecamatan Lendah yang sudah menanam Mangga Mahatir sejak empat tahun yang lalu. Selain buahnya yang jumbo, Mangga Mahatir termasuk tanaman yang genjah atau cepat berbuah. "Dua tahun setelah tanam, pohon sudah berbuah", kata Pak Samidi menerangakan alasannya ia memilih jenis ini pada Kamis (26/12).

Baca juga: Tambah income melalui pisang

Saat penulis mengunjungi kebun Pak Samidi, penulis menyaksikan salah satu pohon Mangga Mahatir yang sedang berbuah. Pohonnya tidak terlalu besar namun terlihat daunnya lebat, ketinggian pohon sekitar 2 meter, dari kelebatan daun tersebut terlihat berberapa buah mangga yang ukurannya jumbo menggantung di ranting-ranting pohon. Buah mangga tersebut dibungkus dengan semacam kantong jaring untuk menghindarkan dari serangga dan lalat buah.

Pak Samidi memetik salah satu buah, dipilih yang paling tua untuk mengetahui bobot dari buah mangga tersebut, Setelah ditimbang bobot satu buah mangga yang baru saja dipetik tersebut mencapai 3 kg.

Baca juga: Oleh-Oleh Renyah Khas Lendah

Untuk mencapai hasil yang ideal, Pak Samidi merawat pohon mangga tersebut seperti merawat pohon pada umumnya, tidak ada perlakuan khusus. Pemupukan, cukup air, pengendalian hama dan pemangkasan dahan rutin ia lakukan.

Selain jumbo dan genjah, Mangga Mahatir memiliki berbagai keunggulan antara lain: tekstur buah yang lembut, rasa yang menis serta daging yang tebal karena biji Mangga Mahatir tergolong kecil, seperti dikutip dari Kireina Bonsai

Pak Samidi menanam berbagai jenis tanaman buah-buahan di lahan seluas kurang lebih 1 Ha di sekitar rumahnya. Buah-buahan tersebut antara lain: kelengkeng, durian, pisang, anggur, alpukat dan jenis tanaman buah lainnya.

Ia berharap satu-saat kebunnya mejadi tempat wisata buah dan tempat berbagi pengetahuan bagi siapa saja yang ingin menanam buah-buahan. (AWB)