Kemarau Panjang, Petani Melon Lendah Sumringah Hasil Panen Melimpah

LENDAH KULON PROGO, 25/9/2019. Musim kemarau panjang tahun ini  menjadi masalah bagi sebagian  masyarakat,  nyatanya justru menjadi berkah bagi para petani melon di Kecamatan Lendah. Pasalnya hasil panen mereka saat ini melimpah. Baca juga: Baru tahu!!! Begini cara mempercepat pohon berbuah lebat

Petani melon  Dusun Bangeran, Desa Bumirejo, Kecamatan Lendah, Kulonprogo misalnya, berhasil meraup untung berlipat pada musim panen tahun ini. Selain hasil panen yang melimpah, petani juga diuntungkan dengan kualitas melon yang baik sehingga dihargai tinggi oleh tengkulak.

Pada musim panen tahun ini, setiap hektare lahan pertanian di Bangeran mampu menghasilkan melon tujuh sampai delapan ton. Petani juga menilai kualitas melon sangat bagus. Buahnya berukuran besar dengan rasa manis dan segar. Baca juga: Boleh ditiru!!! Jadi petani cerdas

“Lumayan bagus panen melon tahun ini, sekitar delapan ton perhektare. Kualitas buahnya juga baik, berukuran besar dengan rasa manis,” kata seorang petani melon di Dusun Bangeran, Arsiyah di sela aktivitasnya memanen melon,  seperti di lansir dari News ADiTV.

Arsiyah memiliki empat petak lahan melon di Dusun Bangeran sehingga keuntungan yang diperolehnya pada musim panen ini mencapai puluhan juta rupiah. Hasil panen tersebut kemudian dijual kepada tengkulak untuk dipasarkan ke Bandung dan Jakarta. Baca juga: Belajar dari pisang: PItuture geSANG

Dengan hasil panen melimpah dan kualitas bagus, melon petani Bangeran diserbu tengkulak dari berbagai daerah. Hasil panen ini pun dihargai tinggi, Rp 9.000 perkilogram, meningkat dari sebelumnya yang hanya Rp 6.000 perkilogram.

Seorang tengkulak, Widiyanto menyampaikan, melon tersebut akan dibawa ke Bandung dan Jakarta untuk dipasarkan di sana. Masing-masing truk yang digunakan bisa mengangkut sekitar enam ton melon. “Ambil di sini karena kualitasnya bagus. Petaninya orang kita sendiri,” kata Widiyanto.

Area bulak Bangeran Bumirejo pada musim kemarau petani menanam beragam tanaman antara lain melon, semangka, bawang merah, cabai, kedelai dan tanaman pertanian lainnya. Baca juga: Bukti Kelengkeng bisa berbuah di dataran rendah.

Kemarau panjang tak selamanya membawa masalah, justru mendatangkan berkah bagi petani di Lendah. (AWB)

 

Referensi:

Foto : www,produknaturalnusantara.com

Vidio : ADiTV