Monitoring Administrasi PKK Tingkat Kabupaten Kulon Progo

KULON PROGO, LENDAH (07/07/2022). Kapanewon Lendah menjadi tuan rumah untuk melaksanakan monitoring administrasi Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga ( PKK ) tingkat Kabupaten Kulon Progo.  Acara tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 6 Juli 2022 pukul 09.00 sampai 14.00 WIB dan diikuti oleh tiga kapanewon yaitu Kapanewon Sentolo, Kapanewon Galur, dan Kapanewon Lendah yang mana setiap Kapanewon diwakilkan oleh satu Kalurahan dan setiap Kalurahan diwakilkan oleh 7 orang. Hadir dalam acara tersebut Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK), Tim Monitoring TP-PKK dari Kabupaten Kulon Progo dan Ketua PKK masing-masing Kapanewon.

Kegiatan tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PKK agar para peserta lebih bersemangat dalam mengikuti monitoring. Sebagai pembuka kegiatan, Ibu Sigit selaku Ketua PKK Kapanewon Sentolo memberikan ucapan selamat datang kepada para peserta dan tamu undangan. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua TP-PKK Kabupaten Kulon Progo, dalam sambutan tersebut beliau menyampaikan tujuan dari pelaksanaan monitoring yaitu untuk menyesuaikan pengisian buku administrasi PKK kecamatan agar sesuai dengan format pengisian buku administrasi tingkat kabupaten.

Acara inti yaitu pelaksanaan monitoring, kegiatan yang dimonitoring adalah administrasi PKK dusun, administrasi PKK dari sekretariat, administrasi PKK kecamatan dan PerPOKJA. Sedangkan kriteria penilaiannya yaitu kelengkapan buku administrasi, kerapihan pengisian, dan kesesuaian format. Dalam acara tersebut Ibu PJ Ketua TP PKK menyampaikan bahwa tertib administrasi wajib dilakukan karena dengan administrasi yang tertib maka akan memudahkan dalam pencarian data yang dibutuhkan. Harapannya administrasi yang saat ini dilakukan secara manual kedepannya dapat dilaksanakan secara digital agar meminimalisir penggunaan kertas dan lebih memudahkan dalam pelaksanaan administrasi.

Acara tersebut ditutup dengan pelepasan Ibu Ketua TP PKK yang disampaikan oleh Ibu Sukindari selaku ketua PKK Kapanewon Lendah. Beliau mengucapkan terimakasih atas kehadiran ibu PJ ketua TP PKK dan berkomitmen akan membenahi kekurangan dari hasil monitoring tersebut agar tercapai administrasi PKK yang terbaik. (Sumber : Tutik Lestari)