Wahyuharjo Sosialisasikan Penyakit Tidak Menular Dan Kesehatan Lansia

Jum`at, 10 Agustus 2018 05:54:23 - Oleh : a.wisnubroto

Kolaborasi, Tantangan Terbesar Pembentukan FK PSKS

Drs. H. Wakiyo Darojat, M.A. Memberi Siraman Rohani di Lendah

Bantuan Duka Baznas Untuk Korban Kecelakaan

Khidmat, Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember

Musim Penghujan Datang Apel Pagi Tetap Jalan

LENDAH. Dalam meningkatkan derajat kesehatan di masyarakat, Desa Wahyuharjo berkoordinasi dengan Puskesmas Lendah 1 mengadakan Peningkatan Kapasitas Pengetahuan Kader Kesehatan wilayah Desa Wahyuharjo. (7/8/2018). Menurut Kesra Desa Wahyuharjo, Drs Yusikari, kegiatan ini diadakan untuk menambah pengetahuan kader kesehatan tentang Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Kesehatan Lansia, karena kader kesehatan adalah orang yang pertama kali bersinggungan dengan masyarakat dalam masalah kesehatan.

Menurut Emi Indrayati programer PTM Puskesmas Lendah I,  kunjungan kasus Penyakit Tidak Menular saat ini meningkat terutama untuk penyakit Hipertensi (darah tinggi) dan Diabetes Melitus (kencing manis). Diharapkan kader kesehatan dapat mengenali faktor resiko dari PTM tersebut. Berdasarkan data kesehatan tahun 2007-2013 diketahui bahwa: 21% penduduk kurang aktifitas fisik, 93.5% penduduk >10 tahun  kurang buah dan sayur,3 6.5% penduduk usia > 15th merokok, 4,6% penduduk > 10 tahun  minum minuman beralkohol). Dengan mengetahui factor-faktor  resiko tersebut, kader kesehatan sebagai perpanjangan tangan Puskesmas dan mitra dalam melakukan kegiatan di bidang kesehatan, mampu memberikan informasi kepada masyarakat terkait PTM.

Sunarti Amk Programer Lansia Puskesmas Lendah I mengatakan, menurut Undang-Undang  nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan Lansia yg ditujukan untuk  menjaga agar tetap sehat dan produktif. Dengan umur harapan hidup masyarakat DIY yang tinggi, maka kesehatan Lansia juga perlu diperhatikan, diharapkan lansia bisa hidup sehat sesuai dengan motto lansia: BAHAGIA, Berat Badan berlebihan dihindari, Aturlah makan dengan Gizi seimbang, Hindari PTM, Agar terus berguna lakukan hobi yang bermanfaat, Gerak Badan teratur wajib terus dilakukan, Iman danTaqwa ditingkatkan serta kelola stress, Awasi dengan pemeriksaan kesehatan secara teratur. Puskesmas Lendah 1 setiap bulan mengadakan screening kesehatan lansia di setiap dusun secara bergantian, sehingga status kesehatan lansia terdeteksi, sehingga dapat mewujudkan  slogan             MENUJU LANSIA SEHAT, MANDIRI, AKTIF DAN PRODUKTIF.

Reporter: Emi Puskesmas Lendah I

« Kembali | Kirim | Versi cetak