7 Tempat Wisata Legendaris Kulon Progo di Lendah

Kamis, 12 Juli 2018 05:41:04 - Oleh : a.wisnubroto

PENCAIRAN PERDANA BPNT KECAMATAN LENDAH

SEMARAK, PAWAI KARNAVAL KECAMATAN LENDAH

5 Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Kampanye STBM di PAUD Sumberejo

Sejarah Hari Pramuka Indonesia

LENDAH. Berbicara tentang pariwisata di Yogyakarta tak akan pernah habisnya. Pariwisata dan Yogyakarta tidak dapat dipisahkan. Yogyakarta memiliki tempat wisata yang cukup banyak dan menarik untuk dikunjungi. Kulon Progo yang merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta tak mau ketinggalan dengan tempat pariwisata legendarisnya. Berikut ini adalah 7 tempat wisata legendaris Kulon Progo di Kecamatan Lendah yang sangat layak untuk dikunjungi.

1.      Wisata Air Terjun Kedung Ingas

Bagi wisatawan pencinta keindahan alam khususnya wisata air terjun, curuk atau grojogan, tak komplit rasanya sebelum mengunjungi objek wisata Kedung Ingas di Lendah. Selain masih alami, Kedung Ingas memiliki pesona lainnya yaitu air yang jernih serta adanya kedung semacam kolam alam yang bisa digunakan untuk  berenang atau sekedar bermain air. Alamat tempat wisata ini adalah di Desa Sidorejo  Kecamatan Lendah.

 2.      Wisata Bendung Sapon

Tempat wisata ini beralamat  di Desa Sidorejo  Kecamatan Lendah. Bendung Sapon merupakan bendung sungai modern pertama yang ada di Kulon Progo. Selain berfungsi sebagai bendungan, Bendung Sapon juga memiliki fungsi sebagai jembatan utamanya untuk pejalan kaki dan kendaraan roda dua. Bendungan Sapon makin hari makin ramai dengan aktivitas lalu lalang pengguna kendaraan untuk menuju ke wilayah seberang sungai. Selain itu beberapa orang memanfaatkannya sebagai lokasi memancing dan tempat bersantai saat sore hari. Suasana sekitar bendungan yang terasa teduh karena telah dibuatkan taman dengan suara gemericik aliran sungai yang menyejukkan membuat banyak orang betah berlama-lama di tempat ini. Hal ini membuat daya tarik wisata tersendiri bagi para pengunjungnya

 

3.      Wisata Bukit Watu Kodok

Obyek wisata yang terletak di Geden, Sidorejo, Lendah, Kulon Progo menawarkan keindahan alam perbukitan berbatu yang indah dan ekstrim yang sangat cocok untuk jenis olahraga otomotof/offroad. Sudah beberaka kali even otomotif baik lokal maupun nasional diadakan di tempat ini. Di puncak bukit Watu Kodok kita bisa menyaksikan keindahan alam di sekitarnya, bahkan kalau cuaca sedang bersahabat kita bisa melihat kota Yogyakarta, gunung Merapi maupun indahnya pantai selatan.

 

 4.      Wisata Desa Tani Jatirejo

Kegiatan para petani dari pagi sampai sore hari dapat kita nikmati di tempat ini, Pemandangan perbukitan di sekitar lahan pertanian, pepohonan besar nan rindang, lalu lalang hewan ternak, ratusan burung bangau dan hamparan hijau tanaman pertanian sangat menyejukan untuk di pandang. Banyak sekali spot eksotis untuk kegiatan fotografi maupun sekedar menikmati pemandangan sembari jajanan khas pedesaan di bawah rerindangan pohon-pohon raksasa di pinggir jalan. Lokasi tempat ini ada di Desa Jatirejo dan Desa Bumirejo Kecamatan Lendah

 

 5.      Wisata Ziarah Makam Kyai Landoh

Pada hari-hari tertentu tempat ini banyak dikunjungi oleh warga masyarakat, baik oleh warga sekitar maupun luar kota yang mengenal dan mengagumi sosok Kyai Landoh atau Syech Jangkung. Beliau adalah tokoh munculnya nama Lendah, sangat dihormati dan dikagumi warga masyarakat sekitar karena kedermawanannya dan suka menolong. Syech Jangkung adalah penyebar agama Islam di daerah tersebut. Lokasi tempat ini di Desa Jatirejo Kecamatan Lendah.

 

6.      Wisata Batik di Sentra Batik Lendah

Lebih dari 20 perajin batik yang ada di Sentra Batik Lendah, tersebar di 3 Desa yaitu Gulurejo, Sidorejo dan Ngentakrejo. Selain berbelanja kita juga bisa melihat langsung proses pembuatan batik bahkan bisa ikut terlibat dalam aktivitas membatik. Motifnya beragam mulai dari klasik, kontemporer maupun geblek renteng yang menjadi motif batik iconik khas Kabupaten Kulon Progo. Di tempat ini juga terdapat showroom Batik hasil karya para perajin yang cukup representative sehingga pengunjung dapat menikmati suasana di showroom sambil memilih dan melihat-lihat proses membatik.

7.      Wisata Sungai Tempuran Progo

Bagi mancingmania tempat ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi, selain beragam ikan dapat ditemui di tempat ini seperti hampala, nila, tawes, wader, ikan gabus, sidat dan jenis ikan tawar lainnya, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa. Aktivitas penambangan, pepohonan rindang sekitar lokasi, kilauan air, lalu lalang orang melewati sesek juga gethek serta berbagai kicauan burung liar masih dapat kita temui di tempat ini. Tempuran merupakan pertemuan antara sungai Progo dan Bedog konon menjadi tanda sebagai tanah perdikan pada zaman Ki Ageng Mangir. Sejarah inilah yang menjadikan tempat ini memiliki akar budaya  panjang yang membuat pengunjung penasaran ingin mengetahui lebih jauh di tambah dengan kondisi alam yang memang sangat eksotis.

Referensi:

https://www.suaramerdeka.com/news/baca/12308/warga-jatirejo-gelar-jamasan-dan-kirab-pusaka-kyai-landoh

https://economy.okezone.com/view/2017/10/22/4/43695/ketika-ratusan-burung-bangau-putih-temani-petani-saat-membajak-sawah

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak