BAPPEDA DIY Sambangi Kecamatan Lendah Kroscek Data Kemiskinan

Kamis, 12 Juli 2018 00:31:28 - Oleh : a.wisnubroto

Kolaborasi, Tantangan Terbesar Pembentukan FK PSKS

Drs. H. Wakiyo Darojat, M.A. Memberi Siraman Rohani di Lendah

Bantuan Duka Baznas Untuk Korban Kecelakaan

Khidmat, Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember

Musim Penghujan Datang Apel Pagi Tetap Jalan

LENDAH. Tim BAPPEDA DIY melakukan kunjungan lapangan untuk melakukan kroscek/verifikasi data kemiskinan yang ada di Kecamatan Lendah pada tanggal 11 Juli 2018. Dalam pertemuan di ruang rapat Kecamatan Lendah Tim BAPPEDA DIY menerangkan bahwa, kegiatan ini ditujukan untuk memperoleh data lapangan yang sesungguhnya tentang keadaan kemiskinan warga  terutama pada kondisi rumah tinggal, sanitasi dan akses air bersih.

Verifikasi untuk kondisi rumah tidak layak huni kriterianya adalah; atap seng/asbes, dinding bambu/kayu kualitas rendah dan lantai tanah. Untuk kondisi sanitasi yang tidak layak adalah; belum memiliki akses sanitasi, belum memiliki kloset dan septictank. Sedangkan untuk akses air bersih kriterianya adalah keluarga yang kesulitan pemenuhan air bersih. Ketiga data ini sangat penting sekali untuk menunjang derajat kesejahteraan warga masyarakat. Dengan terpenuhi ketiga hal tersebut maka akan meningkatkan kesehatan warga.

Data ter up date juga akan digunakan untuk evaluasi kegiatan yang sudah dan sedang berlangsung serta menjadi bahan untuk perencanaan program di tahun yang akan datang. Dengan data terbaru dapat diketahui apakah program yang terkait dengan data tersebut benar-benar tepat sasaran atau tidak, jumlah rumah tidak layak huni mestinya berkurang bukan tetap apalagi bertambah  karena setiap tahun selalu ada anggaran untuk program kegiatan tersebut apalagi di Kabupaten Kulon Progo setiap minggu ada bedah rumah.

BAPPEDA DIY meminta kerjasama dengan pihak Desa untuk melakukan pendataan yang selanjutnya dilaporkan ke Kecamatan Lendah atau langsung ke BAPPEDA DIY. Pada kesempatan tersebut Tim juga melakukan survey langsung kepada warga yang memiliki rumah tidak layak huni di Desa Jatirejo.

« Kembali | Kirim | Versi cetak