KPPD DIY Jemput Bola Wajib Pajak di Kecamatan Lendah

Rabu, 11 Juli 2018 00:30:36 - Oleh : a.wisnubroto

Tugu Gendul, Monumen Perjuangan Rakyat Jatirejo

Kompak, Pokja DBD Membasmi Sarang Nyamuk

Desa Ramah Difabel, Dirintis di Kecamatan Lendah

10 Motif Batik Paling Populer di Indonesia

ATM, Jurus Jitu Memulai Usaha

LENDAH. Kantor Pelayanan Pajak Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta di Kulon Progo mengadakan kegiatan pendataan bagi wajib pajak kendaraan yang ada di Kecamatan Lendah. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 10 Juli 2018 di Pendopo Kecamatan Lendah. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan up date data wajib pajak kendaraan bermotor yang belum melakukan pembayaran pajak dan telah jatuh tempo.

Wajib pajak belum melakukan pembayaran pajaknya meskipun sudah jatuh tempo dapat terjadi karena 2 hal; pertama, kendaraan masih dimiliki namun pajak belum dibayarkan atau kedua, kendaraan sudah di jual tetapi belum dilakukan balik nama. Terhadap dua kasus tersebut wajib pajak diberikan solusi, apabila kendaraan masih dimiliki namun pajak belum dibayarkan maka bisa langsung dibayarkan di tempat pada saat acara, apabila kendaraan sudah dijual maka wajib pajak dapat melakukan permohonan pemblokiran agar beban pajak selanjutnya tercatat atas nama pemilik yang baru.

Di Kecamatan Lendah terdapat lebih dari 300 wajib pajak yang belum menunaikan kewajibannya membayar pajak kendaraan bermotor. Diharapkan setelah kegiatan ini data wajib pajak terbaharui dan segera melakukan pembayaran pajaknya sehingga  pemasukan daerah dari pajak kendaraan bermotor dapat meningkat.

Acara pendataan wajib pajak ini dilakukan regular setiap tahun, namun baru tahun ini KPPD DIY melakukan jemput bola kepada wajib pajak sehingga wajib pajak yang menunggak pajaknya bisa langsung membayar di tempat acara dan mendapatkan pengesahan.

Ditemui di sela sela acara tersebut, petugas dari KPPD DIY Bapak Lukito mengatakan bahwa masyarakat Lendah cukup antusias menyambut kegiatan ini, dari 300 undangan yang di sampaikan kepada wajib pajak, lebih dari 95% hadir memanfaatkan program pendataan ini. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa layanan pendataan tahun depan dapat ditingkatkan lagi misalnya dengan menerima pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pengesahannya terhadap wajib pajak yang tidak ada tunggakannya.

« Kembali | Kirim | Versi cetak