Tugu Gendul, Monumen Perjuangan Rakyat Jatirejo

Rabu, 18 Juli 2018 09:01:33 - Oleh : a.wisnubroto

Kolaborasi, Tantangan Terbesar Pembentukan FK PSKS

Drs. H. Wakiyo Darojat, M.A. Memberi Siraman Rohani di Lendah

Bantuan Duka Baznas Untuk Korban Kecelakaan

Khidmat, Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember

Musim Penghujan Datang Apel Pagi Tetap Jalan

 

LENDAH. Siapa sangka kalau sebenarnya tugu yang sering kita kenal sebagai tugu gendul/botol  karena memeng mirip botol di Desa Jatirejo, Lendah sebenarnya adalah sebuah monument?  Monumen unik yang terletak di pertigaan jalan utama Dusun Kutan, Desa Jatirejo, Kecamatan Lendah. Bentuk monumen tersebut unik menyerupai botol berwarna kuning keemasan  dengan sedikit warna  hijau pada ujungnya. Masyarakat menyebutnya Tugu Gendul yang diambil dari kata ‘botol' dalam bahasa Jawa, karena bentuknya yang mirip botol. Tugu Gendul /Botol  justru dikenal banyak orang karena sering dijadikan penanda jalan/ ancer-ncer.  Meski demikian tidak semua orang tahu makna dan sejarah di balik monument tugu  unik itu termasuk warga Lendah sendiri.

Dalam rancangan ensiklopedi budaya di Kulon Progo, Tugu Gendul merupakan monument untuk mengenang  warga sipil yang menjadi korban agresi militer Belanda tahun 1948. Kala itu, rumah-rumah warga hancur dihujani peluru dari serangan udara tentara dan sekutu Belanda. Banyak orang gugur dalam peristiwa tersebut. Nyawa mereka diyakini berjatuhan di sekitar Tugu Gendul yang dibangun beberapa tahun setelahnya. Warga bergotong royong mendirikan monumen berbentuk selongsong peluru untuk mengenang agresi militer, termasuk keluarga dan kerabat yang gugur dalam peristiwa tersebut. Diameter terbesarnya adalah 60 sentimeter dengan tinggi sekitar dua meter.

Sebelum dipugar pada 2010 lalu, monumen yang sebenarnya dinamai Tugu Peluru itu berwarna putih.

Namun,  sebagian masyarakat melihat bentuk selongsong peluru cenderung mirip dengan botol atau gendul dalam bahasa Jawa. Itulah mengapa hingga saat ini, monumen itu lebih populer disebut Tugu Gendul  atau Botol.

Demikian sekilas tentang cerita dibalik Tugu Botol/Gendul, semoga masyarakat selalu mengenang peristiwa tragis agresi militer Belanda tahun 1948 di Desa Jatirejo tersebut dan mengambil nilai-nilai heroik dari para pejuang.

 

Referensi:

https://kwkp.blogspot.com/2015/12/sejarah-tugu-gendul-desa-jatirejo-lendah.html

« Kembali | Kirim | Versi cetak