10 Pekerjaan dengan Penghasilan Terbaik di Indonesia

Sabtu, 7 Juli 2018 02:30:23 - Oleh : a.wisnubroto

Kolaborasi, Tantangan Terbesar Pembentukan FK PSKS

Drs. H. Wakiyo Darojat, M.A. Memberi Siraman Rohani di Lendah

Bantuan Duka Baznas Untuk Korban Kecelakaan

Khidmat, Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember

Musim Penghujan Datang Apel Pagi Tetap Jalan

LENDAH. Banyak orang mendambakan pekerjaan dengan penghasilan yang tinggi. Seiring berkembangnya waktu, maka  terjadi perubahan  pekerjaan dengan penghasilan terbaik. Memilih pekerjaan tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada baiknya kita menilai pekerjaan baru dari berbagai sisi, terutama sisi untuk mendapatkan penghasilan atau gaji terbaik. Berikut ini adalah 10 pekerjaan dengan gaji terbaik saat ini di Indonesia;

1. Pilot Pesawat Komersial

Pekerjaan ini sangat menantang sekaligus berbahaya sebab seorang pilot akan mengemudikan burung besi yang membawa beberapa penumpang di udara. Tak jarang, mereka pun harus membawa penumpang VIP, yakni mereka yang memiliki jabatan penting atau sosok terkenal di tanah air ini. Tantangan lain yakni mahalnya biaya sekolah penerbangan serta tuntutan akan jam terbang yang tinggi. Rata-rata pilot penerbangan komersial di Indonesia bisa memiliki gaji antara Rp 45 juta sampai Rp 71 juta per bulan dan dalam setahun bisa menerima hingga 15,5 kali gaji.

2. Ahli Teknik Perminyakan

Pekerjaan ini juga langka dan berbahaya sehingga tidak heran jika staf perusahaan minyak akan mendapatkan gaji yang tinggi. Untuk level manager, gaji pegawai BUMN minyak di Indonesia bisa mencapai Rp 50 juta per bulan. Tapi di negara jiran seperti Malaysia, levelnya bisa mencapai Rp 500 juta per bulan.

3. Manajer Sumber Daya Manusia

Seorang manajer sumber daya manusia (SDM) memiliki tugas yang berat untuk menyaring kandidat paling potensial untuk masuk ke perusahaan. SDM yang tepat akan jadi salah satu kunci sukses perusahaan dan sebaliknya. Untuk itu, berdasarkan survey Kelly Service di 2013, gaji manajer SDM dengan pengalaman kerja diatas 5 tahun bisa mencapai Rp 75 per bulan.

4. Digital Marketer

E-Commerce merupakan salah satu bidang yang berkembang pesat di tahun 2016 ini. Pertumbuhan ini diikuti dengan meningkatnya kebutuhan akan profesional di bidang ini, salah satunya digital marketer. Profesi ini menjadi incaran perusahaan yang mulai merambah ranah digital dalam usahanya memasarkan produk. Menurut survei Kelly Services Indonesia Salary Guide 2016, gaji mereka yang berprofesi sebagai Digital Marketer bisa mencapai 55 juta rupiah per bulan.

5. Health, Safety, and Environment

Pertumbuhan bidang konstruksi dan properti di Indonesia selama tahun 2016 ini diperkirakan akan terus meningkat seiring guyuran dana di bidang konstruksi infrastruktur. Hal ini diikuti dengan kebutuhan akan tenaga Health, Safety, and Environment (HSE). Mereka yang bergerak di bidang ini memiliki keahlian dalam menganalisa kondisi lingkungan tempat berdirinya suatu konstruksi, untuk memastikan proses pembangunan tidak merusak lingkungan sekitar. Gaji seorang HSE Engineer bisa menapai 23 juta rupiah per bulan. Sementara HSE Manager bisa digaji sampai Rp45 juta per bulan.

6. Ahli Teknik Informatika

 Di era serba digital, maka peran para insinyur teknik informatika (TI) yang dapat mengutak-atik peranti lunak menjadi krusial. Aneka pekerjaan bisa diotomatisasi melalui program peranti lunak atau softwareyang diciptakan oleh ahli TI. Keuntungannya, pekerjaan ini bisa dilakukan di manapun. Di Indonesia, seorang software engineer dan system administrator dengan pengalaman di atas 2 tahun bisa memiliki gaji Rp 15 juta per bulan. Sementara seorang Project Manager (pengalaman 5 sampai 10 tahun) bisa menerima gaji sampai Rp50 juta per bulan.

7. Manajer Pemasaran

Pemasaran adalah sebuah kunci penting dalam rangkaian bisnis perusahaan. Jika produk perusahaan bagus tetapi pemasarannya jelek, maka perusahaan tetap akan merugi. Oleh sebab itu peran manajer pemasaran sangat vital di setiap perusahaan apapun industrinya. Berdasarkan survei Kelly Services, rata-rata gaji manajer pemasaran sekitar Rp 60 juta per bulan.

8. Anggota DPR

Menjadi anggota DPR tidak hanya mengejar prestise mengenai gaji namun juga kedudukannya yang terhormat di masyarakat. Tidak heran jika banyak anggota masyarakat yang berlomba menjadi anggota dewan ini melalui aneka partai. Tapi, terkadang biaya kampanye untuk menjadi anggota DPR juga besar. Rata-rata anggota DPR memiliki gaji di atas Rp 50 juta per bulan. Tapi dengan adanya aneka tunjangan, bayaran reses, dan gaji ke-13 maka rata-rata anggota DPR bisa mengantongi lebih banyak penghasilan.

9. Ahli Konstruksi

Ahli konstruksi perkotaan atau perumahan ternyata menjadi pekerjaan yang cukup menarik di Indonesia, sebab negara ini masih  gencar membangun aneka infrastrukturnya. Berdasarkan surat edaran (SE) Menteri Pekerjaan Umum pada 2013 lalu, gaji ahli konstruksi lulusan S1 tanpa pengalaman sekitar Rp 20 juta, sementara dengan latar belakang S3 bisa mencapai Rp 60 juta per bulan.

10. CEO

CEO atau pimpinan perusahaan adalah pekerjaan paling bergengsi yang bisa dicapai siapa saja tanpa harus memiliki latar pendidikan yang panjang dan mahal. Setiap CEO bahkan bisa memulai usahanya dari bawah. Saat ini di Indonesia mulai muncul gerakan kewirausahaan melalui pemberdayaan startup. Selain itu, wirausaha muda juga muncul seiring berkembangnya platform perdagangan online atau e-commerce. Jika berhasil, rata-rata CEO perusahaan besar di Indonesia bisa mendapat gaji Rp 1 miliar per tahun.

 

Referensi:

https://astralife.co.id/ilovelife/10-pekerjaan-dengan-penghasilan-terbaik-di-indonesia/

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak