BERMAIN, BERWISATA SAMBIL BELAJAR DI BENDUNGAN SAPON LENDAH

Sabtu, 30 Juni 2018 10:47:10 - Oleh : a.wisnubroto

Deklarasi Pemilu Damai Kecamatan Lendah

Semarak Jogja International Batik Biennale (JIBB) 2018

PENCAIRAN PERDANA BPNT KECAMATAN LENDAH

SEMARAK, PAWAI KARNAVAL KECAMATAN LENDAH

5 Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

LENDAH. Jika kita menyusuri jalan sepanjang sisi Sungai Progo dari Sentolo sampai Brosot atau sebaliknya kita akan bertemu dengan sebuah bangunan besar dan panjang yang melintang di atas sungai. Tempatnya di Dusun Sapon, Sidorejo, Lendah terdapat bendungan modern Sapon. Di atas bendungan tersebut lalu lalang masyarakat melakukan penyeberangan, karena bendungan tersebut juga difungsikan sebagai jembatan oleh warga sekitar.

Secara teknis bendungan Sapon memiliki luas areal : 2.250 Ha dan lebar bendung :152 meter melintang di atas Sungai Progo. Lokasi Bendungan Sapon berada di dalam aliran Sungai Progo yang membelah wilayah kabupaten Bantul dengan kabupaten Kulon Progo. Letaknya tidak jauh dari Jembatan Srandakan sebagai akses utama penghubung kedua kabupaten pada sisi selatan.

Pengertian bendungan adalah suatu bangunan air dengan kelengkapan yang dibangun melintang sungai atau sudetan yang sengaja dibuat untuk meninggikan taraf muka air atau untuk mendapatkan tinggi terjun dan untuk mengendalikan aliran, angkutan sedimen dan geometri sungai sehingga air dapat dimanfaatkan secara aman,efektif,efesien, dan optimal.

Bendungan Sapon dibangun dengan tujuan untuk mencapai manfaat, antara lain:  menjamin kontinuitas ketersediaan air untuk memenuhi kebutuhan Irigasi,  peningkatan luas areal tanah pertanian dari 1.917 Ha menjadi 2250 Ha dan meningkatan produksi padi dari 4.45 ton/Ha menjadi 5.25 ton/Ha. Bendungan Sapon dibangun dalam 4 tahap: Tahap I (tahun 2005) Tahap II (tahun 2006) Tahap III (tahun 2007) Tahap IV (tahun 2008) dan diresmikan penggunaannya  pada tanggal 11 Maret 2010 oleh Menteri Pekerjaan Umum saat itu.

Bendungan Sapon makin hari makin ramai dengan aktivitas lalu lalang pengguna kendaraan untuk menuju ke wilayah seberang sungai. Selain itu beberapa orang memanfaatkannya sebagai lokasi memancing dan tempat bersantai saat sore hari. Suasana sekitar bendungan yang terasa teduh karena telah dibuatkan taman dengan suara gemericik aliran sungai yang menyejukkan membuat banyak orang betah berlama-lama di tempat ini. Hal ini membuat pengelola desa wisata setempat memasukkannya ke dalam daya tarik wisata pedesaan guna menunjang pengembangan desa wisata.

Pada saat sore hari banyak warga yang menikmati suasana di sekitar Bendungan Sapon, selain panorama alam yang indah di tempat tersebut sekarang banyak ditemukan pedagang yang menjual aneka dagangannya. Berkunjung ke Bendungan Sapon adalah bermain, berwisata sambil belajar.

 

 

Referensi:

 

https://teamtouring.net/bendungan-sapon-sungai-progo.htm

http://rumahcivil.blogspot.com/2013/10/bendung-sapon-kulon-progo.html

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak