Artikel (1)

Selasa, 21 Februari 2017 13:43:38 - Oleh : Fillia F E, S. Sos, PKB Kec. Lendah

MENGENAL  BERBAGAI  MACAM  MAINAN  ANAK  DAN  MANFAATNYA

Mainan merupakan kebutuhan yang muncul secara alami dalam diri tiap manusia, ini disebabkan adanya naluri bahwa setiap mahkluk hidup ingin memperoleh kesenangan, kepuasan, kenikmatan dan kebahagiaan dalam hidup. Mainan ada begitu saja sebagai suatu gejala alami dari tiap-tiap periode tumbuh kembang manusia, tidak pandang usia, jenis kelamin, ras ataupun suku bangsa.

            Setiap mainan tentunya memberi suatu manfaat tertentu bagi penggunanya, setidaknya, manfaat kepuasaan atau kesenangan psikologis. Terkhusus bagi anak-anak, setiap orang tua pasti ingin selalu memberikan mainan yang disukai oleh anak-anaknya, tetapi alangkah bijaksananya jika orang tua sebelum membelikan suatu mainan, dipertimbangkan terlebih dahulu apa manfaat dan dampak mainan tersebut bagi tumbuh kembang si anak.

Di bawah ini akan diuraikan beberapa macam mainan anak yang banyak ditemui di masyarakat sekitar kita serta manfaatnya :

 

1.     Layang-layang

Layang-layang merupakan permainan yang diikat dengan seutas tali, kemudian ditarik ke atas bersamaan dengan penguluran tali. Pada saat angin bertiup menerpa layang-layang tersebut, maka layang-layang akan bergerak naik, jika menginginkan layang-layang lebih tinggi lagi, maka kita cukup mengulur talinya dan angin akan mendorong layang-layang terbang lebih tinggi.

Manfaatnya :

- Permaianan ini akan mengenalkan dan melatih anak tentang arah angin

- Anak akan belajar mengendalikan suatu benda yang bergerak dari jarak jauh

- Melatih anak akan kontrol motorik pergerakan suatu benda yang tidak stabil hanya dengan seutas tali

- Anak akan belajar memanfaatkan arah dan energi angin

-  Melatih anak tentang kesabaran

2. Bekel

Merupakan suatu permainan dimana bola bekel dipegang dengan satu tangan beserta biji besinya, kemudian bola dilempar ke atas, dan memantul sekali, sebelum bola kembali memantul untuk yang kedua kali dari lantai segera ditangkap tangan dan biji besi juga sudah harus menyebar di lantai.

Selanjutnya, bola dipantulkan lagi dan biji besi yang berserakan harus bisa diatur menurut pola tertentu selama waktu bola belum kembali ke lantai yang kedua kali. Demikian seterusnya dilakukan berulang-ulang sampai si pemain tidak bisa menangkap bola atau tidak bisa mengatur posisi biji besi sesuai kesepakatan permaian.

Manfaatnya :

- Melatih anak akan refleks sinkronisasi antara : daya tangkap mata, kecepatan berfikir dan kecepatan gerak motorik tangan

-Anak akan belajar mengatur waktu dan memanfaatkan waktu yang singkat (1/2 sampai 1 detik) untuk membuat pola tertentu

-  Melatih kesabaran, menunggu giliran bermain

3. Egrang

Suatu permaian dimana anak berdiri di atas pijakan yang ada pada dua buah tongkat, selanjutnya anak belajar berjalan di atas pijakan tersebut.

Manfaatnya :

- Melatih anak akan kontrol keseimbangan tubuh

- Meningkatkan kemampuan daya tahan fisik

- Melatih kombinasi gerak tangan dan kaki

- Melatih anak akan pentingnya ketekunan

4. Lompat Tali Karet

Karet dijalin terikat satu sama lain memanjang, kemudian tali karet  dipegang oleh dua orang, masing-masing pada ujung tali tersebut, sebagai penjaga ketinggian. Anak yang ketiga dan seterusnya melompati tali karet tanpa boleh tersentuh, atau harus melompati karet atau memainkan tali karet dengan tata cara atau pola tertentu yang telah disepakati.

Manfaatnya :

- Melatih anak untuk meningkatkan stamina dan daya tahan

- Mengenalkan anak akan jiwa sportivitas

- Menumbuhkan moivasi berjuang

-Mengajarkan anak akan arti pentingnya kebersamaan dan solidaritas

-Melatih kesabaran, menunggu giliran bermain

5.Gasing

Gagang gasing dililit dengan tali tanpa diikat, lalu tali tersebut dimasukan ke dalam suatu lubang untuk mengontrol dan mengatur keseimbangan dan kecepatan putaran gasing. Kemudian tali ditarik secepat mungkin bersamaan dengan pelepasan gasing ke lantai. Akibat dari daya tarik tali yang melilit pada gagang gasing adalah putaran gasing. Pada ketepatan dan kecepatan daya tertentu, gasing akan berputar semakin lama dan stabil.

Manfaatnya :

- Anak akan terlatih dan mengenali keseimbangan antara putaran gasing dengan besar kecilnya energi yang harus dikeluarkan

- Melatih anak mengenai kecekatan dan ketrampilan tangan dan jari

- Anak belajar mengarahkan dan mengontrol putaran dan kecepatan gerak benda berputar yang dibuatnya

-Melatih konsentrasi anak akan prinsip-prinsip putaran roda dan keseimbangan yang dihasilkan dari putaran tersebut

« Kembali | Kirim | Versi cetak